Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game

Tekno.debgamekuRekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game – Buat yang suka bermain game dengan menggunakan laptop, dan bingung bagaimana memilih jenis laptop khusus game terbaik agar bisa bermain dengan lancar. Maka kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sejauh ini memang banyak pilihan untuk bermain game mulai agak bergeser, dari yang dulunya gamers beramai-ramai build PC untuk main game tapi sekarang sudah ada alternatif lain dengan menggunakan laptop.

Apalagi saat ini sudah banyak merk-merk populer yang berinovasi merilis produk-produk laptop gaming dengan harga murah sampai harga kelas sultan.

Nah, buat yang ingin tahu lebih jelas lagi bisa simak bahasan Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game berikut.

Ciri Laptop yang Bagus Bermain Game

Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game

1. Prosesor Intel Core i5 ke atas

Prosesor sebagai komponen terpenting yang menentukan performa pada laptop gaming. Untuk memainkan game-game ukuran berat, minimal laptop yang di pilih sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 ke atas.

Baca ini : Rekomendasi Situs Nonton Streaming Basket NBA Terbaik

Semakin mumpuni dan tinggi prosesor yang digunakan maka akan semakin baik. Seperti contohnya saat ini sudah banyak laptop gaming yang menggunakan prosesor Intel Core i9 generasi ke-9 yang dijamin kuat dalam memainkan semua game berat tanpa lag.

Namun dalam memilih prosesor ini juga tergantung dari dana yang dimiliki, jika budget tidak terlalu besar maka bisa memilih minimal Intel Core i5 atau Intel Core i7. Saat ini ada beberapa pilihan laptop gaming murah yang sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 dan i7 yang bisa digunakan untuk memainkan game jenis berat tanpa lag.

2. Kartu grafis (VGA)

Dan yang wajib diperhatikan setelah memilih prosesor yaitu kartu grafis atau yang di sebut dengan VGA. Komponen ini sangat berpengaruh dari kualitas dan kejernihan gambar yang dihasilkan saat bermain game. Kebanyakan game juga bergantung pada VGA, jadi memilih VGA yang bagus akan menentukan performa laptop gaming nantinya.

Saat ini ada NVidia dan AMD menjadi dua brand yang bersaing dalam pasar kartu grafis. Untuk memainkan game berat bisa mengandalkan prosesor AMD R7 atau seri AMD Radeon 560X, dan untuk NVidia bisa memilih seri NVidia Geforce GTX 1070 yang sudah bisa bermain di resolusi 4K.

Tapi rata-rata laptop yang menggunakan VGA tinggi harganya cukup mahal, rata-rata di atas 20 jutaan. Untuk gamer pemula bisa memilih NVidia Geforce GTX 1050 yang memiliki harga lebih murah, laptop dengan VGA ini rata-rata di kisaran harga 10-14 jutaan.

3. Memilih dimensi layar yang pas dengan resolusi Full HD

Ciri dari laptop gaming yang bagus ada pada dimensi layar dan resolusi tertinggi yang ditampilkannya. Saat ini semua game sudah support menampilkan gambar dengan resolusi Full HD (1080p), jadi resolusi inilah yang menjadi patokan memilih laptop gaming.

Usahakan agar laptop gaming sudah support resolusi Full HD agar kualitas gambar yang tampilkan lebih jernih, sehingga kepuasan dalam bermain game lebih terasa. Jangan pilih laptop gaming yang resolusinya kurang dari 1080p (1920 × 1080).

Selain resolusi, ukuran atau dimensi layar yang harus dipilih dengan cermat. Saat ini laptop gaming hadir dengan ukuran layar 15,6 inci, ukuran yang cukup memuaskan di hati.

Tapi ingat, semakin besar ukuran layar maka berat laptop juga akan akan bertambah. Faktor yang tidak kalah penting dari performa display laptop gaming yaitu refresh rate dan sinkronisasi dengan kartu grafis. Usahakan memilih laptop yang sudah memiliki refresh rate layar 60 Hz. Jika GPU yang di miliki lebih tinggi maka bisa memilih layar 144 Hz untuk menghasilkan gambar yang lebih halus.

Fitur sinkronisasi seperti Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync juga berguna untuk membuat tampilan di layar sesuai dengan yang dihasilkan oleh kartu grafis sehingga menghindari adanya stuttering.

4. RAM 8 GB ke atas, semakin besar semakin bagus

Performa laptop gaming dengan RAM yang disematkan di dalamnya. Game jenis berat saat ini rata-rata sudah menuntut spesifikasi RAM minimal 8 GB, jadi jika laptop memiliki RAM di bawah akan sulit untuk bermain dengan lancar.

Pastikan laptop gaming yang di pilih memiliki RAM 8 GB ke atas, 16 GB lebih disukai untuk bermain dengan lancar di semua game yang ada saat ini.

Tips memilih laptop gaming dari segi RAM ini dengan memilih laptop yang punya slot lebih, jadi sewaktu-waktu punya uang masih bisa menambah RAM baru. Jika ternyata slotnya tidak ada maka cara untuk menambah kapasitas RAM adalah dengan melakukan upgrade.

Jadi pastikan laptop gaming yang di pilih bisa diupgrade RAM-nya di lain hari.

5. Storage SSD lebih bagus

Dimana laptop gaming high-end saat ini sudah hadir SSD berkapasitas besar, namun hal yang menyebabkan harganya menjadi membengkak. Rata-rata laptop dengan SSD 256 GB saat ini harganya di atas 20 juta.

Memang SSD bisa membuat loading laptop menjadi lebih cepat, namun bukan berarti HDD ini pilihan yang buruk. Kamu bisa menyesuaikan pemilihan SSD atau HDD dengan budget yang di punya.

Dengan memilih laptop gaming dengan HDD ini tidak menjadi masalah, atau bisa pilih dengan konfigurasi gabungan antara SSD dan HDD. Pastikan memilih HDD dengan kecepatan di atas 5400 RPM.

6. Baterai berkapasitas besar

Bermain game kurang puas kalau hanya 1 atau 2 jam, bahkan para gamers umumnya menghabiskan waktu sampai 6 jam dalam sehari untuk bermain game. Karena itulah laptop gaming yang bagus yang memiliki baterai besar dan mampu bertahan tanpa kabel dalam waktu yang lebih lama. Hal ini akan berguna kalau bermain di luar ruangan dan tidak ada terminal charger di sana.

Saat bermain game tentu saja energi yang dibutuhkan sangat besar jika dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Tapi setidaknya piliah laptop gaming yang mampu bertahan 5-6 jam tanpa kabel.

7. Keyboard

Keyboard yang bagus bisa membuat skill bermain game akan meningkat. Karena itu dalam memilih laptop gaming harus benar-benar memperhatikan kualitas keyboard.

Dalam memilih laptop gaming, pastikan keyboard memiliki backlighting. Selain berguna membuat keyboard tetap terlihat dalam gelap dan faktor gaya, backlighting juga bisa membantu tetap fokus.

Dan selanjutnya yaitu key travel (kedalaman tombol) yang tidak terlalu dalam. Usahakan memilih keyboard dengan key travel 1,5 – 2 mm. Hal ini berpengaruh pada kenyamanan saat menekan tombol.

Pastikan jika keyboard tidak keras dan berisik. Tombol-tombol keyboard yang keras akan membuat ujung-ujung jari menjadi terluka ketika bermain game dalam waktu yang lama, karena itu pilihlah yang tombolnya lembut.

8. Desain laptop khas gamer

Salah satu faktor laptop gaming bisa dikenal adalah dari segi desainnya. Desain laptop gaming yang keren menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Hal ini menjadi pembeda antara laptop biasa dengan laptop gaming.

Rekomendasi laptop gaming terbaik

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Alienware Area-51m
  2. Gigabyte Aero 15-Y9
  3. Asus ROG Mothership
  4. Acer Predator Helios 300 PH317-51
  5. Acer Predator Triton 900
  6. MSI GS75 Stealth
  7. Asus ROG Zephyrus S GX701
  8. Dell Alienware 15 R3
  9. MSI GE62VR 7RF Camo Squad Limited Edition
  10. Gigabyte Aero 15-X
  11. Lenovo Legion Y740
  12. Lenovo Legion Y520
  13. HP Pavilion Gaming 15-AK032TX
  14. Asus ROG Strix GL 753VD
  15. HP Omen 15-CE088TX
  16. HP Pavilion 15-AK050TX
  17. Acer Nitro 5 V15 I5-8300H
  18. DELL Inspiron 15-5577-7300HQ
  19. HP Pavilion 15 Core i5-8300HQ
  20. Asus F507ZD
  21. MSI GL62M 7RDX 1018
  22. Asus TUF Gaming FX505GD I5051T
  23. MSI GL63 8RC 426 ID
  24. Asus ROG GL553VD
  25. MSI GF63 8RC 299ID

Baca juga : Daftar Smart TV Terbaik dan Berkualitas Tahun 2021

Nah, demikianlah bahasan mengenai Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game, semoga menjadi manfaat.

Leave a Comment