Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam, Mudah!

Tekno.debgamekuCara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam, Mudah! – Di masa work from home atau pandemi saat ini, video conference menjadi pilihan bagi sebagian pegawai dan mahasiswa dalam melakukan aktivitas. Hal ini karena video conference bisa dilakukan di berbagai perangkat, seperti laptop, smartphone, dan PC.

Dan ada juga yang menggunakan alat penunjang lain seperti contohnya webcam untuk menambah kualitas gambar saat video conference. Tapi, jika tidak memiliki webcam tapi tetap menginginkan kualitas gambar yang bagus, maka pobsel bisa dijadikan sebagai pilihan untuk pengganti dari webcam. Apalagi, smartphone di zaman sekarang ini dilengkapi dengan spesifikasi tinggi di bagian kameranya.

Untuk tahu lebih jelas maka simak bahasan Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam, Mudah! berikut ini.

Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam

Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam, Mudah!

Dimana navigasi dan tools di dalam aplikasi Webcam Android ini tidak selengkap pengaturan didalam Camo. Namun ada satu keunggulan utama yaitu aktivitas pairing bisa dilakukan via koneksi Wi-Fi.

Baca ini : Daftar Smart TV Terbaik dan Berkualitas Tahun 2021

Sehingga tidak ada lagi koneksi kabel yang mengganggu atau membuat repot kegiatan penggunanya.

Sebelum itu kalikamuan perlu siapkan beberapa pribahanntilan untuk melakukan pairing kamera HP ke dalam PC. Beberapa tools diantaranya adalah :

  1. Universal ADB Driver | 
  2. DroidCam (Windows) | 
  3. DroidCam (Android) 

Setelah semua tools dipersiapkan, maka inilah cara merubah kamera HP menjadi Webcam lewat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Silahkan download terlebih dahulu Universal ADB Driver untuk komputer.
  2. Setelah itu Install aplikasinya di dalam komputer.
  3. Kemudian download aplikasi DroidCam untuk komputer melalui link download di atas.
  4. Setelah selesai mendownload, silahkan Install aplikasinya dan ikuti langkah-langkah pemasangan DroidCam.
  5. Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut.
  6. Berikutnya kamu install aplikasi DroidCam di Android melalui link yang sudah kamu dapatkan.
  7. Jika sudah diinstall silahkan buka aplikasi.
  8. Kembali ke software DroidCam komputer, disini akan disediakan menu Connect antara antara Wifi dan USB.
  9. Untuk koneksi Wifi, kamu bisa masukkan nomor IP yang tersedia di layar android ketika membuka DroidCam.
  10. Masukkan nomor IP tersebut di kolom Device IP, lalu centang tombol Video, centang juga Audio bagi yang ingin mengubah perangkat ponsel menjadi microphone. Lalu Start.
  11. Sedangkan bagi yang ingin menggunakan kabel USB, arahkan ke tombol USB.
  12. Aktifkan USB debugging HP kalian, caranya masuk ke Menu Setting HP. Ketik saja di pencarian USB Debugging. Jika sudah aktifkan.
  13. Buka DroidCam android.
  14. Kemudian hubungkan android ke komputer dengan kabel USB, jika berhasil maka akan muncul jenis device di aplikasi DroidCam komputer.
  15. Dan langsung Start.

Untuk menghubungkan kamera smartphone ke laptop/PC menggunakan wifi, hanya dengan menyambungkan smartphone dan PC/laptop ke koneksi internet yang sama.

Koneksi WebCam menggunakan Wi-Fi memiliki cara yang mudah, tapi kekurangannya gambar video agak sedikit mengalami delay. Hal ini karena koneksinya menggunakan jaringan nirkabel.

Dan untuk menyambungkan menggunakan kabel USB, caranya mungkin butuh sedikit trik. Tapi gambar video yang ditampilkan menjadi lancar karena terhubung langsung menggunakan kabel.

Dengan menggunakan kamera ponsel sebagai webcam, kamu bisa mendapatkan kualitas video conference yang lebih baik lagi. Apalagi jika menggunakan ponsel terbaru dengan kualitas kamera yang bagus.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Bermain Game

Keuntungan lainnya dengan menggunakan smartphone sebagai WebCam, kamu bisa menempatkan kamera dimanapun di inginkan, ini berbeda dengan webcam yang terpasang langsung di laptop.

Nah, itulah bahasan mengenai Cara Merubah Kamera HP Android Menjadi Webcam, Mudah!, selamat mencoba.

Leave a Comment